Strategi Membangun Brand yang Efektif Menggunakan Media Sosial

Membangun Brand yang Efektif (illustrasi)
Sangat penting tentunya untuk membangun berbagai strategi untuk meningkatkan brand secara efektif. Jika digunakan dengan benar media sosial akan sangat bermanfaat bagi perkembangan bisnis anda. Terutama jika anda sedang berada dalam tahap start-up sebuah bisnis. Meningkatkan brand memang tak mudah, memerlukan waktu yang cukup lama. Seperti halnya platform (OS) android yang sudah ada sejak tahun 2009 silam namun baru bisa populer di tahun 2015 dan menjadi sebuah operating system smartphone paling dipercaya hingga sekarang ini. Belajar dari pengalaman android yang mengalami peningkatan brandnya secara signifikan tersebut, android yang dulunya hanya sebatas OS open source seperti linux mampu melesat hingga menciptakan profit yang luar biasa besarnya sekarang ini. Kemajuan operating sistem tersebut tak lepas dari peran salah satu brand yang telah mendunia yaitu Google. Google sebagai pentolan perusahaan teknologi berhasil meningkatkan kredibilitas android sebagai smartphone berteknologi canggih yang menjadi genggaman masyarakat sampai saat ini.

Tentunya dengan peningkatan teknologi tersebut, pada saat ini juga kita bisa memanfaatkannya sebagai upaya membangun brand yang baik layaknya android. Dengan melakukan strategi branding lewat transformasi teknologi media sosial sejak dini akan menentukan pertumbuhan bisnis kita dimasa depan. Para ahli ekonom percaya bahwa brand atau merk lebih dari sekedar nama ataupun logo semata, brand mencirikan identitas kita dibanding para pesaing dengan berbagai diferensiasi produk ataupun jasa yang akan kita tawarkan. Maka membangun branding dapat diartikan sebagai bagian dari membentuk persepsi terhadap produk ataupun jasa yang diberikan. Membangun kepercayaan dan menumbuhkan rasa cinta konsumen terhadap brand kita merupakan salah satu cara branding yang efektif. Semakin masyarakat mengenal nama baik serta reputasi kita, semakin kita mendekatkan diri terhadap mereka (social engagement) maka dapat dipastikan kita memiliki nilai plus selain dari produk ataupun jasa yang akan kita tawarkan. 
Ingat kita hidup sudah melampaui jaman modern, sekarang ini sudah termasuk jaman digital dimana hampir semua hal dalam kegiatan kita diaplikasikan melalui teknologi digital. Membangun brand awareness melalui media sosial merupakan cara yang paling efektif di era digital ini.
Dari hasil selancar di luasnya ilmu pengetahuan, di Dermaga Ilmu ini penulis telah berhasil mendapatkan berbagai informasi untuk menetapkan beberapa strategi dalam membangun brand yang efektif dengan menggunakan media sosial. Adapun beberapa strategi branding yang dimaksud adalah sebagai berikut :

 

Strategi Brand Inspiring with Facebook

    Platform Media Sosial Facebook
    Media sosial Facebook merupakan sosial media paling banyak digunakan saat ini. Facebook melaporkan bahwa pada tahun 2017 ini penggunanya mencapai 1,86 miliar. Mengingat pengguna facebook yang sangat besar tersebut tentunya merupakan suatu keuntungan bagi anda yang memiliki usaha untuk dapat menjaring konsumen dan memperkenalkan brand anda lewat platform media sosial facebook. Para pengusaha bisa menggunakan media sosial facebook untuk memperkenalkan brand identity dengan cara menginspirasi facebook user dari produk ataupun jasa yang ditawarkan. Dengan begitu pula mendapatkan perhatian audience akan memberikan berbagai informasi untuk dapat meningkatkan strategi marketing yang akan kita jalankan. Langkah awal untuk memulai dalam media sosial adalah dengan cara berpartisipasi. Berpartisipasi di media sosial dapat meningkatkan minat terhadap suatu produk ataupun jasa yang akan kita tawarkan. Tentunya hal tersebut dapat terwujud jika kita mampu memberikan konten yang bermanfaat dan positif di mata pengguna media sosial.

    Contoh di bawah ini adalah salah satu brand perusahaan terkenal yang sudah berpartisipasi di platform media sosial Facebook :
    Brand Sepatu Kelas Dunia NIKE
    Nike sebagai perusahaan sepatu kelas dunia, mengikuti kemajuan teknologi untuk berpartisipasi di media sosial facebook. Salah satu postingan Nike telah berhasil menginspirasi audiens dan menjadikan citra brand tersebut tetap eksis dan mempunyai pengaruh brand yang kuat. Fitur video dari facebook semakin memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk membagikan momen penting dan berharga seperti dibawah ini: 
    Source : Media Sosial Facebook fanspage Nike
    Video tersebut menceritakan tentang perjalanan karir seorang pemain bola basket yang selalu berlatih keras hingga akhirnya mampu bergabung dengan team basket di liga paling atas. Tentunya peran Nike sebagai brand sepatu kelas dunia melekat erat di dalam postingan videonya. Salah satu contoh postingan brand besar Nike memberikan pengaruh yang cukup kuat di benak para pengguna media sosial facebook dan mampu membangun brand Nike semakin baik lagi. Postingan tersebut berhasil menginspirasi banyak pengguna media sosial. Salah satu komentar pengguna media sosial dari postingan tersebut :
      
    komentar Facebook fanspage Nike
    Alhasil dengan menginspirasi lewat postingan di media sosial dengan keterlibatan brand kita, selain mempertahankan pelanggan juga akan menambah popularitas brand kita lebih meningkat. Tentunya minat terhadap produk anda pun akan semakin meningkat pula. Selain itu anda juga bisa menggunakan iklan berbayar dari facebook untuk meningkatkan social engagement. Facebook ads memberikan kemudahan bagi para pelaku bisnis untuk meningkatkan jangkauan terhadap audience. Anda juga bisa mengatur sasaran dari iklan yang akan dijalankan. Teknik penggunaan facebook ads sangat beragam tergantung dari kebutuhan penggunanya. Kriteria dari iklan kita bisa ditujukan untuk audience dengan berbagai kategori seperti : demografi, geografis, look a like, interest dan lain-lain. 
     

      Strategi Talkable Marketing Dengan Twitter

      Platform Media Sosial Twitter
      Berpartisipasi aktif di media sosial dipercaya mampu untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap brand pelaku usaha. Selain itu timbal balik dari interaksi di media sosial akan memberikan arahan bagi anda untuk dapat terus meningkatkan kualitas produk anda yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Review yang positif di media sosial tanpa disadari bisa meningkatkan penjualan yang berasal dari mulut ke mulut atau biasa disebut juga sebagai Word of Mouth Marketing (WOM). Hal tersebut berlaku juga jika anda sedang mempopulerkan brand anda. Semakin banyak kicauan positif di twitter tentang brand anda maka akan menghasilkan revenue yang besar tentunya. Twitter adalah platform media sosial yang paling efektif untuk membicarakan segala sesuatu.  Anda bisa dengan cepat membangun brand yang kuat lewat kehadiran anda di twitter. Hal ini tentunya melibatkan strategi yang perlu diterapkan pada setiap aktifitas anda di twitter. 

      Lakukan perencanaan yang matang terlebih dahulu seperti penelitian pada target pasar dan sejauh mana anda akan terlibat dengan konsumen. Cari target yang tepat sesuai dengan niche produk anda melalui fitur Twitter advanced search disertai tanda kutip dan hashtag supaya target audience lebih mengerucut dan tepat. Anda juga bisa menggunakan fitur gratis ini untuk menemukan percakapan tentang brand anda berdasarkan tweet dan balasan pengguna twitter. Pastikan konten yang anda berikan merupakan konten yang bermanfaat bukan hanya sekedar memperkenalkan brand semata. Bangun visibilitas brand dengan lebih mengedepankan konten yang berkualitas sesuai dengan citra merk dagang anda. Maka pengguna twitter akan mulai mengenal dan mengikuti anda. Banyak pengikut tentu merupakan suatu keuntungan bagi usaha anda. Jangan lupa untuk menggunakan retweet dan tawarkan umpan balik positif pada pengikut anda. Mintalah mereka melalui berbagai pertanyaan dan anda pun harus mampu menanggapi dengan cepat untuk setiap pertanyaan pelanggan. Respon cepat menanggapi berbagai pertanyaan dapat membantu anda untuk lebih meningkatkan identitas brand anda. Terlibat secara teratur dan fokus melalui pendekatan kepada konsumen dapat membangun jaringan kepercayaan yang lebih luas terhadap brand anda.  

      Strategi Membangun Brand Profesional dengan Linkedin

      Platform Media Sosial Linkedin
          Media sosial yang merupakan bagian dari perusahaan Microsoft ini tak kalah hebatnya. Berbeda dengan platform media sosial yang lain, media sosial LinkedIn lebih mengedepankan profesionalisme bagi para pengusaha. Didalamnya terdapat berbagai fitur seperti : artikel, pelatihan online, program rekruitmen, bahkan komunitas dengan profesi yang sama. Para pengguna LinkedIn pun berbeda dengan media sosial yang lain, kebanyakan yang menggunakan platform ini para pebisnis yang sedang meningkatkan usahanya untuk merekrut tenaga profesional, maupun orang yang sedang melakukan E-learning untuk meningkatkan kualitas mereka.  Linkedin juga sangat efektif bagi anda untuk mempelajari berbagai hal baru terkait dengan bisnis yang anda jalankan. Langkah awal memulai yaitu dengan membuat company page LinkedIn yang tepat.Gunakan logo profesional anda sebagai company picture, Sertakan juga berbagai informasi mengenai identitas brand anda pada background profil. Dengan kelengkapan company profile anda di LinkedIn akan memudahkan orang lain untuk dapat mengetahui usaha anda dengan kompetensi dan diferensiasi produk yang anda miliki. Terutama bagi orang-orang yang belum mengenal lebih jauh tentang siapa anda berdasarkan merk dagang anda. LinkedIn juga terintegrasi dengan Slideshare yang memudahkan pengguna untuk dapat memasukan informasi dari Slideshare ke profil LinkedIn.

      Jalin koneksi jaringan anda secara luas, baik itu dengan para profesional maupun pengguna lainnya dengan niche yang sama. Komunikasikan dengan tepat mengenai diferensiasi produk anda dibanding yang lain. Bergabunglah dengan komunitas di LinkedIn untuk berbagi pengetahuan serta memperkenalkan brand anda. Libatkan interaksi dengan konsumen ataupun calon konsumen anda. Memastikan brand kita dapat dikenal dan dicintai sangat penting untuk kemajuan usaha anda.

      Strategi Media Sosial with Power of #Hashtag

      #Hashtag Bagian Dari Strategi Media Sosial
      Simbol tanda kres a.k.a (as know as) hashtag, sudah umum digunakan masyarakat selama beberapa dekade yang lalu, hashtag lebih sering disebut dengan tanda kres pada sebuah not balok musik. Sebagian orang juga melihatnya sebagai garis silang yang sangat familiar digunakan untuk bermain tic-tac-toe. Penggunaan simbol tanda kres a.k.a hashtag sebenarnya bukan praktik teknologi yang baru sebagai elemen metadata untuk melacak kata-kata. IRC (internet relay chat) telah menggunakan hashtag pada tahun 1988 untuk mengkategorikan barang seperti pesan, gambar, video beserta konten lainnya ke dalam suatu kelompok. Hashtag memungkinkan pengguna IRC untuk mencari konten relevan dan konten terkait lainnya dengan mudah. Prinsip yang sama berlaku dengan penggunaan hashtag di media sosial, dan penggunaannya semakin populer saat pertama kali diperkenalkan di Twitter. Saat Twitter mulai menyoroti #hashtag di berandanya berdasarkan popularitas tren topic mereka, popularitas hashtag menyebar layaknya api di padang rumput yang kering. Saat ini berbagai media sosial seperti twitter, facebook, instagram, bahkan google+ sudah mulai mendukung penggunaan hashtags.

      Fitur yang luar biasa ini mampu untuk menyampaikan pesan yang sangat bertarget untuk brand dan bisnis tertentu dalam media sosial. Anda atau audience yang ditargetkan dapat bergabung dalam percakapan melalui hashtag yang telah dibuat. Pada platform media sosial Instagram, anda dapat memanfaatkan hashtag untuk membangun brand secara efektif dengan cara mempengaruhi dan menciptakan pengikut di dalam sebuah hashtag. Hashtag yang diterapkan pada konten Instagram anda dapat ditemukan oleh para pengguna yang menggunakan hashtag tersebut.

      Salah satu contoh pemanfaatan hashtag yang efektif dilakukan oleh produsen mobil terkenal yaitu Audi. Kampanye digital Audi melalui platform media sosial Instagram yaitu mempromosikan lampu LED baru dan terang mereka menggunakan #solongvampires hashtag. Iklan yang menggambarkan vampir dihancurkan dengan kecerahan ekstrim LED headlight. Hashtag #solongvampires telah membawa pengguna online instagram mengeklik tautan pada iklan video unik perusahaan Audi tersebut. Kampanye ini membawa Audi menuju interaksi yang lebih besar antara perusahaan dan pelanggan potensial mereka. 
      Iklan media sosial#solongvampires Audi

      Hashtag terbukti menjadi cara baru yang unik dalam meningkatkan kampanye untuk membangun brand ataupun sebagai pemasaran media sosial anda. Bila digunakan dengan benar, hashtag bisa menjadi alat yang sangat ampuh yang menghubungkan anda dengan ribuan atau bahkan jutaan orang yang ditargetkan di dalam sebuah platform media sosial. Semakin tinggi popularitas hashtag maka semakin banyak pula pengguna yang akan terlibat. Persaingan dunia bisnis sekarang ini sudah sangat pesat. Tidak menutup kemungkinan ancaman datang berawal dari aktifitas media sosial. Setiap postingan di media sosial tentu ada review ataupun komentar yang negatif. Konsumen yang merasa tidak puas biasanya memberikan umpan balik yang negatif. Jika dibiarkan dapat menyebabkan citra brand menurun. Gunakan strategi pemanfaatan media sosial anda secara tepat dan efektif untuk membangun brand anda menjadi lebih baik lagi.

      Semoga bermanfaat !

      Baca juga : Bersama UNTAN Membangun Negeri

      Strategi Membangun Brand yang Efektif Menggunakan Media Sosial